Tom Clancy: EXECUTIVE ORDERS (Perintah Eksekutif)


Pengarang: Tom Clancy

Ukuran    : 15 x 23 cm

Tebal        : 1144 halaman

Penerbit   : PT Gramedia Pustaka Utama

 

Secara umum buku dengan sampul bendera strips and stars ini berlatar belakang pemerintahan Amerika Serikat dengan power yang dimiliki negara tersebut. Kisah yang ditawarkan berawal dari kelumpuhan pemerintahan, karena tindakan kamikaze dengan menggunakan pesawat oleh salah satu warga Jepang di Capitol Building. Hal ini mengakibatkan Presiden, sebagian besar anggota kongres dan kabinet tewas. Wakil presiden yang baru saja dilantik dan diambil sumpahnya, sekarang menjadi Presiden Amerika Serikat. Dia adalah John Patrick Ryan.

John Patrick Ryan merupakan tokoh rekaan Tom Clancy. Ryan, mengawali kinerjanya sebagai Presiden dengan memulihkan bagian-bagian yang ‘kosong’ dalam pemerintahannya dan pengusutan terhadap tindakan di Capitol Building. Tindakan ini mengaktifkan badan-badan intelejen negara dan kesatuan keamanan negara.

Lebih lanjut, Amerika Serikat dikejutkan dengan munculnya secara tiba-tiba penyakit Ebola Zaire di dua puluh negara bagian yang memakan banyak korban. Khawatir terhadap semakin meningkatnya jumlah korban, dengan mempertimbangkan saran dari pakar kesehatan yang ada (Cathy, istri Ryan, adalah dokter ahli bedah mata, salah satu yang terbaik di bidangnya. Bekerja di John Hopkins Hospital) sehingga dikeluarkanlah perintah eksekutif kepada seluruh penduduk AS, sekalipun melanggar konstitusi. Ternyata ada dalang dari munculnya Ebola di AS sebagai tindakan Perang Biologis. Dan perang pun tak terelakkan.

Buku ini menarik untuk dibaca. Penyajian pengarang dalam kata-kata yang terasa alami sehingga membuat pembaca bisa membayangkan kondisi-kodisi fisik yang terjadi, pemikiran-pemikiran dan sudut pandang yang berbeda hingga pemecahan kasus. Akan sering dijumpai nilai-nilai humanisme, agamis dan kepentingan politik. Bagian yang paling menarik perhatian saya adalah pengungkapan pengarang terhadap masalah kesehatan dan sejumlah penelitian terhadap beberapa penyakit berpotensi, seperti leukimia, limfoma, AIDS, dan Ebola.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: