Jenis Persambungan Tulang/ Sendi


A. Sendi Utama

sendi utama terdiri dari sendi fibrus, sendi tulang rawan,dan sendi sinovial.

ü  Sendi fibrus atau sinartrosis, ialah sendi yang tidak dapat bergerak, misalnya persambungan tulang bergigi (sutura) yang terdapat pada kepala sela antara tulang pipih yang menyatukan os frontal, os parietal, os temporal, dan os etmoidal. Selain itu, sendi tibia dan fibula inferior merupakan contoh lainnya dari sinartrosis.

ü  Sendi tulang rawan (amfiartrosis) ialah sendi dengan gerakan sedikit, permukaan dipisahkan oleh bahan antara yang memungkinkan sedikit gerakan. Misalnya sendi simfisis pubis, sendi manubrium stemi dan korpus sterni.

ü  Sendi sinovial (diartrosis), persendian yang bergerak bebas dan terdapat banyak ragamnya dan semua mempunyai ciri yang sama. Sendi sinovial terdiri dari :

  1. Sendi putar, bongkol sendi tepat masuk dalam mangkok sendi yang dapat memberikan seluruh arah, misalnya sendi panggul dan sendi peluru yang terdapat di bahu.
  2. Sendi engsel, satu permukaan bundar diterima oleh yang lain sedemikian rupa sehingga gerakan hanya dalam satu bidang dan dua arah, misalnya sendi siku dan sendi lutut.
  3. Sendi kondiloid, seperti sendi engsel tetapi dapat bergerak dalam 2 bidang dan 4 arah, lteral, ke depan dan ke belakang (fleksi, ekstensi, abduksi, dan adduksi). Misalnya pergelangan kaki dan pergelangan tangan.
  4. Sendi berporos atau sendi putar, pergerakan sendi memutar seperti pergerakan kepala sendi. Misalnya pronasi (ulna dan radius sejajar) dan supinasi (ulna dan radius menyilang).
  5. Sendi pelana dan sendi timbal balik. Misalnya sendi rahang dan tulang metakarpia pertama (pergelangan tangan) yang dapat memberikan kebebasan untuk bergerak, misalnya ibu jari dapat berhadapan dengan jari lainnya.

B. Sendi anggota gerak atas, terdiri dari :

ü  Sendi sternoklavikular, Sendi ini adalah hubungan antara gelang bahu batang badan, antara pars sternalis klavikula manubrium streni rawan iga I, sebelah atas berhubungan dengan klavikula dan sebelah bawah dengan sternum.

ü  Sendi akromioklavikular, Sendi ini merupakan hubungan antara ekstremitas akromialis dan klavikula.

ü  Sendi humero skapular, Persendian ini merupakan sendi peluru karena kaput humeri merupakan sebuah bola yang melekat pada bagian dalam bidang skapula dengan kaput humeri.

ü  Sendi humero radial, Sendi antara capitulum humeri fovea capitulum radii

ü  Sendi radio ulnari proksimal, Sendi antara sirkumferensia artikularis radii dan insisura radialis ulna

C. Sendi Tangan dan Jari Tangan

ü  Sendi karpalia

ü  Sendi karpo metakarpalia, memiliki 2 bagian :

  1. Art Carpometacarpae I (pollicis), hubungan antara os metacarpal I dan os multangulum manus merupakan sendi pelana simpai sendi sangat longgar sehingga pergerakan lebih luas.
  2. Articulationes carpometacarpae II-V, sendi antara oscacarpalia

ü  Sendi metakarpofalangeal, Merupakan sendi anatara ossis metakarpalia, kepala sendi dengan basis ossis phalanx I merupakan lekuk sendi

ü  Sendi interfalangeal

Sendi Panggul, Sendi pinggul adalah sendi sinovial dari varietas sendi putar. Kepala sendi femur ke dalam asetabulum tulang koksa. Sendi ini tebal dan kuat, membatasi gerakan sendi ke seluruh arah, dan membentuk sikap tegak tubuh dalam keadaan berdiri, gerakan sendi fleksi, ekstensi, abduksi, endorotasi, dan eksorotasi.

Sendi lutut, Sendi lutut adalah sendi engsel yang dibentuk oleh kondilus femoralis yang bersendi dengan permukaan dari kondilus tibia. Patela terletak di atas permukaan yang halus pada femur, tetapi tidak termasuk dalam sendi lutut.

Sendi tibio fibular, Persendian ini merupakan persendian antara tibia dan fibula

Sendi pergelangan kaki

  • Fleksi dan plantar flaksi
  • Diperkuat oleh ligamentum deltoid

Sendi telapak kaki

  • Abduksi
  • Adduksi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: